Tiga Kelezatan Dunia

Tiga Kelezatan Dunia

Lezat berasal dari bahasa Arab, Ladzatun yakni Lam dan Dzal yang berarti menunjukkan rasa enak suatu benda-Ibnu Faris dalam Maqoyisul Lugho V/204. Sedang dalam Lisanul Arob berarti kebalikan dari Al-alam yakni merasakan sakit.

Antara kelezatan dan Rasa sakit saling berhubungan, kedua-duanya sulit dipisahkan, seorang yang sudah merasakan kelezatan sesuatu seperti makanan enak maka ketika terpisah dengan makanan yang tidak disukainya ia merasakan hal itu suatu yang pahit bahkan menyakitkan. Sedang kelezatan pada pembahasan kali ini sangat berkaitan dengan kecintaan atau sering disebut Mahabbah. Ketika seorang merasakan cinta, maka ia memperoleh kelezatan dan kenikmatan. Dan ketika cintanya hilang atau pudar begitu juga kelezatannya hilang dan merasakan sakit.

Tiga kelezatan di dunia

Pertama : Kelezatan yang bersifat jasadi, kelezatan seperti nikah dan semisalnya yang dapat dirasakan oleh jasad manusia.

Kedua : Kelezatan yang diangan-angankan dan dicita-citakan oleh jiwa seseorang dan jiwa orang lain. seperti pujian, sanjungan terhadp dirinya yang kesemuaannya itu disukai oleh jiwa seseorang.

Tiga : Kelezatan yang dapat dirasakan oleh hati, roh dan akalnya. Seperti kelezatan karena dzikir kepada Alloh, mengetahui kebenaran, merasakan sakit dengan adanya kebodohan. yakni kenikmatan yang kadang sulit diceritakan oleh pembicaraan lisan.

Ketiga jenis kelezatan tersebut dapat dikatakan sebagai kelezatan indrawi, jiwa dan akal.

About Muhtadin Abrori

Guru SDAl Irsyad Kota Tegal

Posted on 2 Februari 2009, in Makalah and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: