Proposal Kegiatan Romadhon 1430

Download file
panitia pelaksana
IQOMUR ROMADHON 1430 H / 2009 M
MASJID JAMI’ AL IRSYAD KOTA TEGAL
Alamat : Jl. Gajahmada No. 128 Tegal Telp. 0283 – 356869, 341877

1) MUQODDIMAH
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Rob pengatur Alam Semesta, Yang Maha Kasih dengan segala kasih, Yang Maha Penyayang dengan segala sayang, Raja yang menguasai hari akhir, Yang patut disembah dan dimintai pertolongan, hanya kepada-Nyalah kita menyembah dan memohon petunjuk ke jalan yang lurus bukan jalan yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.
Kita bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan tiada menyekutukan-Nya terhadap sesuatu apapun. Dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya yang tiada nabi setelahnya.
Shalawat dan salam semoga terlimpah atas Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallama, keluarga, para sahabat dan semua orang yang telah mengikutinya. Amma Ba’du.
“Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sebenar-benar taqwa kepada-Nya, dan jangan sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”(Q.S. Ali Imron 3:102)
“Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan puasa atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian termasuk orang-orang yang bertaqwa” (Q.S. Al Baqoroh 2:183)
“Barang siapa yang berpuasa di bulan romadhon karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah)
Barang siapa yang mendirikan malam di bulan romadhon karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah, Muttafaq Alaih)
Diwajibkannya puasa bagi seorang yang beriman sejak tahun 2 hijriah setalah diwajibkannya sholat, bukan suatu yang senda gurau. Namun, puasa sebulan penuh merupakan kewajiban yang tidak ada tawar-menawar, yang harus dilaksanakan karena menjadi tolak ukur ketaqwaan. Dengan berpuasa diharapkan ketaqwaan bertambah, meninggalkan maksiat dan keburukan, berakhlak mulia, solidaritas muslim terjaga dan saat yang tepat untuk bertobat, memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada sang Kholiqur Rahman.
Selain itu, Rosulullah  mengingatkan kepada kita akan kedatangannya, sebagaimana riwayat dari Anas bin Malik berkata : Bulan Ramadhan telah tiba, maka Rosulullah  bersabda :
Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) telah datang kepada kalian. Padanya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang terhalangi darinya, sungguh ia telah terhalangi dari semua kebaikan. Dan tidak ada yang terhalangi darinya kecuali mahrum (yang memang terhalangi dari kebaikan).
Ibnul Qoyyim dalam Zaadul Maad mengatakan bahwa puasa dapat memberikan pengaruh mengagumkan dalam pemeliharaan anggota badan dan kekuatan batin, serta mengatur metabolisme, sehingga tubuh mendapatkan keseimbangan. Dia membersihkan zat-zat yang dapat mempengaruhi kesehatan. Puasa juga akan menjaga kesehatan hati dan anggota tubuh, setelah dikuasai oleh jerat-jerat syahwat. Ia sangat berperan dalam membantu mendatangkan ketakwaan.
Terlepas dari itu semua, tidak akan mencapai derajat taqwa, hati bersih, iman yang teguh, dan Islam Kaffah seseorang dengan berpuasa asal-asalan. Perlu diimbangi dengan niat yang sempurna, amalan yang dibenarkan oleh Al Qur’an dan As-Sunnah serta tata cara beribadah yang pernah dituntun oleh Rosulullah , para sahabat, dan para salafush sholih.
Sehingga kesempatan di bulan Ramadhon 1428 H ini, kami berkeinginan untuk mensyi’arkan betapa mulyanya syahrush shiyam dan mengisinya dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Semoga Allah  mengaruniakan kepada kita pengamalan puasa sesuai kitabullah dan Sunnatur Rosul .
2) NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini dinamakan : “IQOMUR ROMADHON 1430 H”

3) TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bertemakan tentang : “Romadhon Bulan Suci Keberkahan Alloh di Bulan ini, Siapa yang menghidupi, Niscaya hati kembali fitri”

4) JUDUL KEGIATAN
Adapun yang menjadi judul dari kegiatan ini adalah : “IQOMUR ROMADHON WA QIYAMUHU”
5) AGENDA KEGIATAN
NO. TANGGAL WAKTU NAMA KEGIATAN
1. 1-29 Romadhon Pk. 19.30 Sholat Isya’ dan Tarawih
2. 1-29 Romadhon Ba’dal Witri Kuliah Tarawih
3. 1-29 Romadhon Sesuai Jadwal Buka Puasa Buka Puasa Bersama Jama’ah Sholat Maghrib
4. Romadhon 1430
Agustus 2009 Ba’da Ashr
Pk. 15.30 Kuliah Ashr dan Buka Puasa Bersama
Nara Sumber Ust. Abu Tholib, SHI
5. Romadhon 1430
Agustus 2009 Ba’da Ashr
Pk. 15.30 Kuliah Ashr dan Buka Puasa Bersama Nara Sumber Ust. Drs. Untung Supriyadi, Lc.
6. Romadhon 1430
Agustus 2009 Ba’da Ashr
Pk. 15.30 Kuliah Ashr dan Buka Puasa Bersama Nara Sumber Ust. Saifuddin Zuhri, SHI
7. Romadhon 1430
Agustus 2009 Ba’da Ashr
Pk. 15.30 Kuliah Ashr dan Buka Puasa Bersama Nara Sumber Ust. Amiruddin, Lc.
8. 21-25 Romadhon Setiap Hari I’tikaf, Kuliah Ashr, Kuliah Dhuha Bersama Perguruan Al Irsyad Kota Tegal
9. 21-29 Romadhon Setiap Malam Ganjil Qiyamullail Remaja Masjid

6) NARA SUMBER
a) Kuliah Tarawih oleh;
Terjadwal dalam lampiran
b) Kuliah Ashar dan I’tikaf oleh;
i) Ust. Abu Tholib, SHI
ii) Ust. Drs. Untung Supriyadi, Lc.
iii) Ust. Saifuddin Zuhry, SHI
iv) Ust. Amiruddin, Lc.
c) Kuliah Ashr, Kuliah Dhuha dan I’tikaf Romadhon
No. Tanggal Nama Kegiatan Nara Sumber
1. 20 Romadhon Kuliah Ashr Ust. Abu Tholib, SHI
2. 21 Romadhon Kuliah Dhuha Ust. Ahmad Hufron, Lc.
Kuliah Ashr Ust. Drs. Untung Supriyadi, Lc.
3. 22 Romadhon Kuliah Dhuha Ust. Muhtadin Abrori
Kuliah Ashr Ust. Saefudin Zuhri, SHI
4. 23 Romadhon Kuliah Dhuha Ust. M. Agus Fakhruddin, S.Ag.
Kuliah Ashr Ust. Amiruddin, Lc.
5. 24 Romadhon Kuliah Dhuha Ust. Tuharso, S.Ag.
Kuliah Ashr Ust. Fahmi Zulfikar, Lc.
6. 25 Romadhon Kuliah Dhuha Ust. Zahid Utsman, S.Ag.
Kuliah Ashr Ust. Abu Tholib, SHI.

7) JADWAL KEGIATAN
Terlampir
8) TUJUAN KEGIATAN
a) Memberi wasiat kepada remaja – generasi – Islam, untuk bertaqwa dan beristiqomah dalam ketaqwaannya.
b) Mendorong kaum muslimin dan muslimat untuk bertafaquh fiddin yang merupakan salah satu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan
c) Maidan peningkatan ibadah dan menghidupkan bulan suci ROMADHON dalam rangka meraih amal ukhrawi
d) Mempererat jalinan tali Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan mengembangkan Ghirrah terhadap beragama Islam dengan keteguhan yang kuat
e) Mempererat tali silaturrahmi dan mengembangkan ghirroh terhadap agama Islam dengan keteguhan
f) Sarana bermuhasabah, bermunajat dan bertafakur bi fi’lillah
9) LANDASAN KEGIATAN
a) “Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sebenar-benar taqwa kepada-Nya, dan jangan sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”(Q.S. Ali Imron 3:102)
b) “Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan puasa atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian termasuk orang-orang yang bertaqwa” (Q.S. Al Baqoroh 2:183)
c) “Barang siapa yang berpuasa di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah)
d) Barang siapa yang mendirikan malam di bulan ROMADHON karena beriman dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”(Al Hadits Ash Shohihah, Muttafaq Alaih)
10) SASARAN KEGIATAN
a) Kaum muslimin dan muslimat secara umum dan para irsyadiyyin khususnya yang belum memaksimalkan ramadhon sebagai maidan ibadah dan beramal sholeh dengan benar berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah menurut pemahaman salafush-sholih.
b) Memperteguh dan memantapkan para kaum muslimin dan muslimat serta irsyadiyyin dalam pengamalan ibadah dan beramal dengan berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah menurut pemahaman salafush-sholih.
11) RENCANA ANGGARAN
Terlampir
12) SUSUNAN PANITIA
Terlampir
13) KHATIMAH
Demikianlah proposal ini kami susun dengan seideal mungkin dan serealistis mungkin. Keberhasilan dan kelancaran kegiatan ini tidak terlepas dari karunia dan petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kemudian peran serta aktif dari semua pihak.
Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan limpahan petunjuk dan kemudahan serta keridho’an-Nya, sehingga ini dapat berjalan seperti yang direncanakan. Hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala lah kita kembalikan semua urusan. Dialah yang mengetahui segala sesuatu yang ghaib.
selanjutnya file bisa di download

About Muhtadin Abrori

Guru SDAl Irsyad Kota Tegal

Posted on 31 Juli 2009, in Makalah and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Mohon Ijin Unduh Proposalnya..Dari Al-Irsyad Batu – Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: